10 Buah yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

10 Buah yang Baik untuk Kesehatan Jantung

written by : PARENTY - 20 Feb 2024

Viewed : 3   Read duration :

Penyakit jantung bisa dialami oleh siapapun, baik anak-anak hingga lansia. Penyakit jantung merupakan gangguan ketika organ jantung tidak mampu bekerja seperti seharusnya. Umumnya masalah pada jantung mencakup katup, otot hingga pembuluh darah. Agar fungsi jantung tetap terjaga, ada beberapa buah yang baik untuk kesehatan jantung.

Buah yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Menerapkan pola hidup sehat sebagai investasi untuk di hari tua nanti. Langkah kecil untuk hari tua yang berkualitas bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi makanan sehat seperti buah yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa kandungan buah ini memiliki nutrisi yang dapat membantu jantung tetap sehat. Nutrisi tersebut bisa Anda peroleh dari 10 buah yang baik untuk kesehatan jantung berikut ini:

1. Alpukat

Kaya akan lemak sehat tak jenuh tunggal, serat, dan antioksidan seperti beta-sitosterol, alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), yang penting untuk kesehatan jantung.

2. Blueberry

Blueberry mengandung flavonoid, antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan. Konsumsi blueberry secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan seperti anthocyanin, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Pepaya

Pepaya mengandung enzim pencernaan alami yang disebut papain, serta vitamin C, vitamin A, dan serat. Kandungan serat dan antioksidan dalam pepaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

5. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, serat, dan flavonoid, yang semuanya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

6. Apel

Apel mengandung serat larut, terutama pektin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Antioksidan dalam kulit apel juga dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap penyakit jantung.

7. Anggur

Anggur merah dan ungu mengandung resveratrol, sebuah senyawa yang terbukti memiliki efek protektif pada jantung dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

8. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C yang tinggi dan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

9. Delima

Buah delima mengandung polifenol kuat yang disebut punicalagin, yang telah terbukti memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

10. Buah-buahan Beri

Buah-buahan beri seperti Raspberry, Blackberry, Strawberry kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin C, yang semuanya dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Tambahkan berbagai buah-buahan ini ke dalam pola makan sehat Anda untuk mendukung kesehatan jantung Anda secara keseluruhan. Namun, selalu ingat untuk menjaga keseimbangan dan variasi dalam konsumsi makanan untuk memastikan asupan nutrisi yang optimal. (Aq/PRT)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03