10 Menu Makanan untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh

10 Menu Makanan untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh

written by : PARENTY - 7 Feb 2024

Viewed : 15   Read duration :

Makan menjadi tidak nafsu saat tidak enak badan. Mau makanan yang enak pun akan terasa hambar saat sakit. Namun, usahakan tubuh tetap menerima asupan karena makanan yang masuk ke tubuh dapat membantu proses penyembuhan. Ada beberapa makanan untuk orang sakit agar cepat sembuh.

Selama proses penyembuhan, seseorang membutuhkan asupan yang dapat mempercepat pemulihan. Untuk itu, penting memperhatikan asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk penyakit berat, seseorang perlu mengonsumsi makanan yang lembek atau cair agar lebih mudah dicerna.

Mengapa Tubuh Butuh Makanan Saat Sakit? 

Ketika tubuh sedang sakit, sistem kekebalan tubuh bekerja keras untuk melawan infeksi atau penyakit. Proses ini membutuhkan banyak energi. Makanan menyediakan kalori yang diperlukan untuk memberikan energi kepada tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan dan mempercepat proses penyembuhan.

Oleh karena itu, beberapa makanan memiliki sifat anti inflamasi atau antimikroba alami yang dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Meskipun mungkin sulit untuk makan saat sakit karena hilangnya nafsu makan atau mual, sangat penting untuk memastikan bahwa tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung proses penyembuhan dan memperkuat sistem kekebalan.

Menu Makanan untuk Orang Sakit

Menu makanan untuk orang sakit sebaiknya mencakup makanan yang mudah dicerna, kaya nutrisi, dan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah beberapa contoh menu makanan untuk orang sakit:

1. Sup ayam

Salah satu menu makanan sehat untuk orang sakit yang bahkan selalu disajikan di rumah sakit adalah sup ayam. Sup ayam bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa penyembuhan loh karena mengandung protein, mineral, kalori dan vitamin.

2. Sayuran hijau

Makanan untuk orang sakit selanjutnya adalah sayuran hijau yang dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral untuk mempercepat proses pemulihan. Sayuran hijau yang direkomendasikan adalah sayuran yang mengandung fitonutrien, antioksidan dan polifenol. Misalnya sayur bayam, selada atau kangkung.

3. Ikan

Perlu diketahui bahwa daging ikan mengandung protein, mineral dan vitamin D. Bahkan beberapa jenis ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi seperti salmon, tuna dan ikan kembung. Kandungan asam omega-3 ini bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selama proses pemulihan tubuh membutuhkan bahan bakar untuk mendukung penyembuhan. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, pecan, walnut, biji bunga matahari dan biji rami mengandung vitamin E, seng, mangan dan magnesium untuk meningkatkan sel kekebalan dan melindungi dari kerusakan sel.

5. Jahe

Jahe mengandung antioksidan, antimicrobial, efek anti kanker. Sehingga jenis rempah ini sangat disarankan untuk ditambahkan ke dalam makanan untuk orang sakit. Selain bisa menjadi penyedap rasa makanan, jahe juga memiliki kemampuan seperti obat anti inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen.

6. Pisang

Buah pisang sangat bermanfaat untuk orang sakit karena membuat kenyang lebih lama dan mudah dicerna. Buah pisang mengandung karbohidrat, vitamin, kalori dan membantu mengembalikan kadar kalium yang hilang dari tubuh.

7. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat baik untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh. Daging alpukat pun lembut sehingga membuat pencernaan tidak perlu bekerja keras dalam mengolahnya.

8. Telur

Telur memiliki kandungan yang baik untuk imunitas tubuh seperti vitamin A, B12, seng, zat besi dan selenium. Semua kandungan pada telur penting dalam penyembuhan luka. Terutama bagi orang pasca operasi yang membutuhkan protein lebih banyak dan telur membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

9. Buah beri

Saat proses pemulihan, seseorang perlu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah berry kaya akan vitamin C dan antioksidan yang berupa antosianin dan flavonoid bisa memperkuat kekebalan tubuh. Jadi, buah berry menjadi alternatif cemilan sehat untuk orang sakit.

10. Daging organ

Daging organ merupakan sumber protein yang baik dan diperlukan saat pemulihan pasca operasi atau sakit. Selain itu, daging organ mengandung nutrisi untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh seperti vitamin A, zat besi, seng, vitamin B dan tembaga.

Nah, itu dia deretan makanan untuk orang sakit yang dapat mempercepat penyembuhan. Selain itu, selama sakit atau dalam masa penyembuhan sebaiknya pastikan kenyamanan penderita. Jika perlu gunakan popok dewasa Parenty untuk menunjang kebersihan dan kenyamanan. (Aq/PRT)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03