10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Jogja Untuk Keluarga

ini loh 10 rekomendasi tempat wisata di Jogja untuk liburan bersama keluarga. Yuk, ajak keluarga berlibur kesini.

written by : PARENTY - 11 Okt 2023

Viewed : 5   Read duration :

Salah satu kota yang wajib dikunjungi bersama keluarga adalah Yogyakarta. Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar ini menyimpan banyak tempat wisata untuk keluarga. Bahkan pesona kota Yogyakarta dapat membuat Anda dan keluarga jatuh cinta dan ingin kembali ke kota tersebut meskipun pernah berkunjung sebelumnya.

Apalagi beberapa tempat wisata di Jogja untuk keluarga ini cenderung memiliki harga yang murah. Ditambah dengan keramahan warga lokal yang semakin membuat Anda dan keluarga betah berlama-lama aid Jogja. Lalu, mana saja sih tempat wisata di Yogyakarta yang cocok untuk liburan keluarga? simak ulasannya berikut ini ya.

Rekomendasi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi bersama keluarga

1. Upside down world

Rasakan sensasi rumah terbalik yang akan membuat Anda seperti menjadi super hero spiderman. Upside down world memiliki belasan ruangan yang dilengkapi dengan perabot rumah tangga. Namun bedanya, semua perabotan rumah tangga ini menempel pada atap dan terkesan terbalik saat Anda jadikan spot foto bersama keluarga.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar yang pernah menjadi salah satu 7 keajaiban dunia. Pamor Candi Borobudur sebagai tempat wisata di Yogyakarta tidak pernah memudar dari waktu ke waktu. Candi Borobudur memiliki daya tarik sendiri bagi jutaan wisatawan setiap tahunnya. Inilah kenapa candi Borobudur menjadi pilihan tempat wisata keluarga di Yogyakarta.

3. Taman sari

Taman Sari adalah tempat wisata di Yogyakarta untuk keluarga yang tidak pernah sepi pengunjung. Bangunan bersejarah miliki kesultanan Yogyakarta ini menyediakan beragam informasi tentang kehidupan di kesultanan di masa lalu. Pada waktu-waktu tertentu, Taman Sari juga masih digunakan untuk ritual khusus oleh keluarga raja. Para pengunjung bisa menikmati keindahan Taman Sari dan terdapat spot-spot foto yang menarik.

4. Lava tour Merapi

Jika ingin liburan bersama keluarga semakin menarik dan menantang, Anda bisa mengunjungi lava Tour Merapi yang dapat memacu adrenalin. Anda dan keluarga akan diajak menjelajahi area ava Merapi dengan mobil jeep terbuka ke beberapa titik wisata seperti Bunker Kaliadem, Rumah Mbah Marijan, Museum Mini Sisa Hartaku dan melewati perairan di wilayah tersebut.

5. Studio alam gamplong

Tempat wisata ini cocok untuk keluarga yang ingin berkunjung ke Yogyakarta. Studio alam gamplong ini merupakan tempat pengambilan gambar film milik sutradara Hanung Bramantyo yang kini dijadikan objek wisata. Beberapa karya Hanung Bramantyo dengan latar belakang studio ini diantaranya Sultan Agung: The Untold Love Story dan Bumi Manusia. Studio alam gamplong terletak di Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman.

6. Pantai parangtritis

Pantai parangtritis ini merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang sangat terkenal. Selain pantai lepas yang luas, pantai Parangtritis juga tersedia beberapa aktivitas seru lainnya seperti main ATV, naik delman dan spot foto yang indah. Pantai parangtritis terletak di Kelurahan Parangtritis, DIY dan dibuka setiap hari selama 24 jam.

7. Wisata  lemah rubuh

Jika ingin menikmati pemandangan alam yang asri bersama keluarga, wisata lemah rubuh siluk selopamioro adalah pilihan yang tepat. Anda dan keluarga akan disuguhkan dengan hamparan pemandangan hijau dan uniknya bangunan sangkar yang terletak di sebelah sungai. Selain itu pengunjung juga bisa mencoba aktivitas seru lainnya seperti bersepeda.

8. The lost world castle

Tempat wisata ini memiliki nuansa yang berbeda dengan wisata lainnya di Yogyakarta. The Lost World Castle ini memiliki gaya eropa yang megah dilengkapi juga dengan patung-patung kuda. Disini Anda dan keluarga akan disuguhkan berbagai wahana seperti tenda Indian, replika Stonehenge, pohon Bunga sakura dan patung dinosaurus yang besar. The Lost world castle ini terletak di kaki gunung Merapi.

9. Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat wisata edukasi ini terletak di lereng Gunung Merapi. Agrowisata Bhumi Merapi atau dikenal juga dengan Santorini ala Yogya karena tempatnya yang indah dan mirip seperti Santorini. Disini terdapat bangunan bernuansa putih ala Yunani dan beberapa wahana wisata lainnya seperti memberi makan kelinci, menyentuh ular dan kura-kura serta memberi minum susu ke kambing, Agrowisata Bhumi Merapi ini cocok didatangi bersama keluarga dan anak-anak.

10. Keraton Yogyakarta

Tempat wisata yang ramah keluarga adalah keraton Yogyakarta. Tempat wisata sejarah ini menyimpan bukti perkembangan budaya jawa dan Indonesia. didirikan tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono, Keraton Yogyakarta terletak di tempat yang strategis yakni tengah kota dan dibagi menjadi  3 halaman yang membujur dari utara ke selatan. Selama kunjungan, para wisatawan akan ditemani oleh pemandu wisata yang sekaligus akan menjelaskan sejarah keraton Yogyakarta. 

Nah, itu dia tempat wisata di Jogja untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Jadi, Anda dan keluarga tidak perlu bingung mana lagi tempat-tempat menarik selama berada di Yogyakarta. Selamat berlibur ya! (Aq/PRT)

Source photo: pinterest

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03