5 Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Lansia

Yuk Temukan 5 Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Lansia

written by : PARENTY - 28 Nov 2023

Viewed : 21   Read duration :

Ruam popok tidak hanya ternyata pada bayi. Orang dewasa dan lansia yang menggunakan popok juga bisa mengalami ruam popok. Ruam popok pada lansia bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal dan perih di kulit. Untuk itu, wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi ruam popok pada lansia dengan mudah dan cepat.

Ruam pada kulit merupakan salah satu masalah kulit yang sangat umum terjadi, baik pada anak-anak, orang dewasa hingga lansia. Pada lansia yang menderita inkontinensia atau masalah kesehatan yang mengharus penderitanya menggunakan popok memang rentan mengalami ruam. Hal ini biasanya terkait dengan popok basah, kondisi kulit lembab, urine atau kotoran yang terlalu lama kontak dengan kulit dan kulit sensitif.

Penyebab ruam popok pada lansia

Ruam popok pada lansia bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Munculnya kemerahan di kulit lansia pada bagian yang tertutup popok karena lembab, kurangnya udara dan gesekan yang terjadi antara kulit dan popok.

Untuk menghindari kelembaban, sebaiknya rutin mengganti setiap beberapa jam sekali. Kulit lembab yang terus menerus bergesekan dengan permukaan popok yang kotor rentan memicu pertumbuhan bakteri penyebab ruam dan iritasi kulit.

Selain itu, ruam popok pada lansia juga bisa disebabkan oleh alergi yang timbul akibat kulit sensitif. Serta tidak menjaga kebersihan di organ genital atau kulit sekitar popok juga menyebabkan ruam dan iritasi kulit.

Gejala ruam popok pada lansia

Ruam popok pada orang dewasa dan lansia terjadi di area kulit yang sering tertutup popok. diantaranya selangkangan, bokong, paha dan pinggul. Gejala ruam popok pada lansia bisa ditandai dengan munculnya bintik dan bercak kemerahan pada kulit, permukaan kulit yang kasar, gatal dan timbulnya sensasi panas seperti terbakar.

5 Cara mengatasi ruam popok pada lansia

Mungkin banyak yang berpikir cara mengatasi ruam popok pada bayi dan lansia tidak sama. Padahal pada dasarnya cara mengatasinya tidak jauh berbeda. Berikut ini lima cara mengatasi ruam popok pada lansia:

Rutin mengganti popok

Selalu memastikan popok yang penuh dan kotor diganti tepat waktu adalah cara mengatasi ruam popok yang benar. Pastikan Anda mengganti popok lansia dengan teratur. Jika frekuensi mengganti popok buruk maka pengobatan ruam popok akan terhambat.

Menjaga kebersihan

Kebanyakan ruam popok pada lansia bisa diatasi dengan menjaga kebersihan area yang tertutup popok. Jadi, pastikan setiap mengganti popok Anda selalu membersihkan area intim dengan air dan menggunakan sabun yang aman di kulit jika diperlukan. Setelah itu, keringkan area yang terkena ruam dengan handuk atau kain bersih sampai benar-benar kering.

Menggunakan ukuran popok yang tepat

Ukuran popok ternyata sangat berpengaruh pada kenyamanan dan kesehatan kulit. Menggunakan popok dengan ukuran yang salah bisa menyebabkan ruam popok. Karena popok yang terlalu longgar dapat membuat popok mudah bocor dan jika terlalu ketat bisa membuat kulit kemerahan akibat terus bergesekan dengan popok.

Menggunakan salep ruam popok

Untuk mempercepat penyembuhan ruam popok, selain memperhatikan hal-hal diatas, Anda juga bisa menggunakan krim atau salep khusus untuk mengobati kulit ruam. Biasanya obat ruam popok yang ampuh adalah mengandung zinc oxide sebagai bahan aktif utama atau gunakan petroleum jelly sebagai lapisan teratas.

 Meningkatkan sirkulasi udara popok

Ruam popok pada lansia bisa terjadi akibat kurangnya sirkulasi udara pada popok dewasa. Sirkulasi udara yang minim ini membuat kulit mudah lembab, pengap dan membuat pengguna tidak nyaman. Maka pilihlah popok yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mengurangi risiko ruam popok pada lansia.

Kesimpulan

Penyebab ruam popok pada lansia pada dasarnya hampir sama dengan yang terjadi pada bayi. Oleh karena itu, perhatikan perubahan kesehatan kulit selama menggunakan popok. jika gejala ruam popok mulai terlihat sebaiknya segera lakukan cara mengatasi ruam popok yang sesuai dengan kebutuhan lansia. 

Parenty, popok dewasa berstruktur 3D dan bersirkulasi udara

Parenty merupakan popok dewasa yang dirancang dengan kelembutan dan penuh cinta. Parenty menjadi solusi terpercaya untuk kenyamanan dan kebersihan setiap penggunanya. Serta memberikan perlindungan maksimal tanpa khawatir kebocoran popok.

Parenty dilengkapi beberapa fitur diantaranya memiliki bahan penyerap dari SAP dan Pulp. Memiliki pinggang elastis mengikuti bentuk tubuh, garis biru untuk membedakan popok bagian depan dan belakang serta bahan inti samping untuk mengurangi kebocoran.

Selain itu, Parenty juga memiliki lapisan bawah berongga udara untuk mengeluarkan udara namun tidak membuat cairan keluar. Hal ini berguna untuk menghilangkan kelembaban dan meningkatkan sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Bahkan fitur permukaan 3D pada Parenty telah mendapatkan penghargaan dari Tras n Co Info Brand. Parenty  meraih penghargaan Top Innovation Award sebagai popok dewasa dengan inovasi struktur 3 dimensi pada permukaan popok dewasa. Fungsi permukaan 3D ini untuk memberi jarak antara kulit dan popok untuk mempercepat penyerapan urine. (Aq/MKK)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03