7 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Lansia

7 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Lansia

written by : PARENTY - 25 Apr 2024

Viewed : 111   Read duration :

Kebutuhan nutrisi lansia sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka di usia lanjut. Meskipun kebutuhan nutrisi dapat bervariasi antar individu tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi kesehatan, aktivitas fisik, dan gaya hidup, ada beberapa prinsip umum yang perlu diperhatikan dalam menyusun pola makan yang sehat untuk lansia.

Nutrisi penting untuk lansia yang Harus Terpenuhi

Setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi yang unik tergantung pada kondisi kesehatan dan faktor-faktor lainnya. Lansia cenderung memiliki penurunan metabolisme dan aktivitas fisik, sehingga kebutuhan akan energi dapat berkurang. Lansia juga memiliki risiko dehidrasi karena penurunan rasa haus dan kemampuan ginjal yang menurun.

Berikut adalah beberapa nutrisi penting pada lansia yang wajib terpenuhi di kehidupan sehari-hari:

Protein

Lansia membutuhkan protein karena berbagai alasan yang berkaitan dengan kesehatan dan fungsi tubuh mereka. Dengan memenuhi kebutuhan protein, itu artinya membantu lansia untuk mempertahankan massa otot, memperbaiki dan membanngun jaringan tubuh, menopang kesehatan tulang, mendukung kebutuhan nutrisi dan fungsi otak.

Kalsium

Kalsium memiliki beberapa fungsi penting bagi lansia, terutama terkait dengan kesehatan tulang dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Selain bagus untuk kesehatan tulang, kalsium juga berperan penting dalam mengatur kontraksi otot, menjaga keseimbangan elektrolit, mendukung kontraksi jantung, fungsi enzim dan hormon, pembekuan darah dan mencegah risiko penyakit kronis.

Vitamin D

Vitamin D memiliki berbagai manfaat penting bagi lansia, terutama terkait dengan kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan umum. Selain itu, vitamin D juga dapat mencegah osteomalasia, meningkatkan fungsi otak, sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung dan meningkatkan penyerapan nutrisi.kegu

Vitamin B12

Lansia membutuhkan vitamin B12 karena beberapa alasan yang sangat penting untuk kesehatan dan fungsi tubuh mereka. Mempertahankan fungsi saraf yang sehat, memelihara sel darah merah, metabolisme energi, mempertahankan fungsi kognitif, kekebalan tubuh dan saluran pencernaan pada lansia.

Omega-3

Lansia membutuhkan omega-3 sebagai nutrisi penting karena berbagai alasan yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan kognitif mereka. Manfaat dari omega-3 untuk lansia adalah mendukung kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif, mengurangi peradangan, menjaga kesehatan mata, tulang, kulit dan meningkatkan mood serta kesejahteraan mental.

Serat

Serat menjadi nutrisi penting bagi lansia karena berbagai alasan yang berkaitan dengan kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, pengendalian berat badan, dan pengaturan gula darah. Serta mencegah penyakit usus besar, menurunkan risiko penyakit kronis dan menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

Antioksidan

Antioksidan penting bagi lansia karena membantu melawan kerusakan oksidatif yang terjadi dalam tubuh seiring dengan bertambahnya usia. Antioksidan juga membantu melindungi terhadap kerusakan sel, menjaga kesehatan otak, mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan mata dan kulit, serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Nah, itulah 7 nutrisi penting yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi lansia. Pastikan menu makanan sehari-hari sudah mencakup kandungan nutrisi tersebut. Selain baik bagi kesehatan lansia, makanan yang mengandung nutrisi tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup. (Aq/PRT)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03