9 Makanan Sehat Untuk Tulang Dan Sendi Lansia

9 Makanan Sehat Untuk Tulang Dan Sendi Lansia

written by : PARENTY - 20 Feb 2024

Viewed : 2   Read duration :

Menjaga kesehatan tulang dan sendi lansia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat tinggi kalsium penunjang kesehatan tulang dan sendi. Kalsium adalah nutrisi penting bagi tubuh dalam menjaga kesehatan gigi, tulang dan jantung. Untuk itu, penuhi kebutuhan kalsium orang tua Anda dengan makanan untuk tulang dan sendi di bawah ini.

Deretan Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi Lansia

Memelihara kesehatan tulang dan sendi sangat penting bagi lansia karena dapat membantu mencegah osteoporosis, osteoarthritis, dan masalah kesehatan lainnya yang berkaitan dengan penuaan. Berikut adalah 9 makanan sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi pada lansia:

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri sendi pada orang yang menderita osteoartritis.

2. Sayuran Berdaun Hijau

 Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan collard greens kaya akan kalsium, vitamin K, dan magnesium, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kacang kenari, dan biji chia mengandung nutrisi penting seperti kalsium, magnesium, dan protein, yang membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

4. Produk Susu Rendah Lemak

 Produk susu rendah lemak seperti susu skim, yoghurt, dan keju rendah lemak mengandung kalsium dan vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium membantu membangun dan memperkuat tulang, sedangkan vitamin D membantu penyerapan kalsium.

5. Buah-buahan Beri

Buah-buahan beri seperti blueberry, strawberry, dan raspberry kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan sendi.

6. Kolagen

Makanan yang mengandung kolagen, seperti kaldu tulang sapi atau ayam, dapat membantu memperbaiki jaringan tulang rawan dan sendi yang rusak.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung senyawa anti inflamasi yang disebut oleokantal, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi pada orang yang menderita osteoartritis.

8. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu mengurangi kerusakan tulang dan meredakan gejala osteoarthritis.

9. Jus Ceri

Jus ceri mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin, yang telah terbukti dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi pada penderita osteoarthritis.

Dengan menambahkan makanan-makanan tersebut ke dalam menu makan sehari-hari, lansia dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi mereka serta mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan yang berkaitan dengan penuaan.

Selain itu, pastikan orang tua Anda mendapatkan kenyamanan yang maksimal dengan popok dewasa Parenty agar tetap dapat beraktivitas sehari-hari. Rasa aman dan nyaman yang dirasakan oleh orang tua Anda dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka. (Aq/PRT)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03