Buktikan Softness of Love, Parenty Adakan Yoga Time Untuk Para Lansia di Senior Living Care

Buktikan Softness of Love, Parenty Adakan Yoga Time Untuk Para Lansia di Senior Living Care

written by : PARENTY - 8 Sep 2023

Viewed : 8   Read duration :

Aktivitas fisik seperti olahraga ataupun yoga bisa memberikan kualitas hidup yang lebih baik untuk para lansia. Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang paling aman dan minim cedera untuk para lansia. Dengan catatan, melakukan gerakan yoga yang sederhana dan dipandu oleh instruktur yoga serta dalam pengawasannya. Parenty, sebagai popok dewasa dengan teknologi inti penyerap yang inovatif mendukung aktivitas yoga bersama komuniti Go Lansia yang diadakan di Senior Living Care pada Selasa (06/07/23).

Kegiatan yoga ini dipandu langsung oleh instruktur Venty dan Theresia dari Community Svastha Yoga dan diikuti oleh puluhan peserta yang sangat antusias. Parenty berkolaborasi dengan Senior Living Care untuk mendukung kegiatan aktif para lansia dalam memelihara kesehatan di tahun-tahun emas. Disela-sela yoga time ini juga, Parenty mengajak para peserta yoga untuk memainkan games sederhana seperti tepuk Parenty. Bukan hanya untuk menghangatkan suasana, permainan Tepuk Parenty ini sekaligus untuk melatih kefokusan para peserta.

Melatih fokus atau kemampuan konsentrasi memiliki banyak manfaat yang sangat penting untuk para lansia. Diantaranya mengurangi risiko penurunan kognitif, meningkatkan daya ingat, mengurangi stres dan kecemasan, hingga meningkatkan kualitas tidur. Begitu pun manfaat yoga yakni Meningkatkan Fleksibilitas dan Mobilitas, Mengurangi Risiko Cedera, interaksi sosial, hingga meningkatkan kualitas hidup.

Selain dari yoga dan permainan sederhana, melatih fokus untuk para lansia dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti meditasi dan latihan pernapasan. Namun, dalam melatih fokus para lansia penting mencari metode yang sesuai dengan preferensi dan kemampuan setiap individu. Serta pastikan selalau dalam pengawasan tenaga profesional kesehatan agar lebih aman dan efektif.

Selain itu, terdapat sharing session dari Observer kesehatan Dr.H.Abidinsyah Siregar,DHSM,M Kes. menurutnya, kegiatan yoga ini dapat membangun interaksi positif untuk para lansia yang berdampak pada kualitas hidup yang lebih baik lagi kedepannya. Kegiatan yoga memungkinan menjadi aktivitas yang bisa dijalani sepanjang hidup. Karena tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa dilakukan hampir dimana saja, membuatnya cocok untuk lansia yang ingin tetap aktif. Ia pun berharap agar kegiatan yoga seperti ini dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

“Komunitas usia lanjut perlu perhatian dan diperhatikan.Upaya untuk membangun interaksi memberi kesempatan besar untuk komunitas lansia hidup lebih cerdas,sehat dan bahagia. Saya secara pribadi berharap kegiatan seperti Yoga Time ini dapat dilaksanakan secara terus menerus sehingga efektif membangun interaksi antar lansia dan para lansia tetap produktif di masa-masa emasnya.” Ujarnya.

5 Jenis Yoga yang Aman Untuk Lansia

Memasuki usia senja, bukan berarti para lansia tidak bisa lagi melakukan aktivitas fisik. Sebab, aktivitas fisik seperti yoga bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan para lansia terutama membantu menunda masalah kesehatan. Berikut ini jenis yoga yang aman dilakukan untuk para lansia:

Kundalini yoga

Jenis yoga satu ini dikenal sebagai yoga kesadaran. Kundalini yoga sangat cocok bagi lansia yang tertarik pada spiritual. Serta menggabungkan dengan latihan pernapasan, meditasi, nyanyian hingga postur tubuh.

Hatha yoga

Jenis yoga ini fokus pada postur tubuh dengan gerakan berupa peregangan dan pengaturan pernapasan. Hatha yoga cocok untuk pemula yang ingin yoga ataupun lansia.

Yin yoga

Pada yin yoga dilakukan dengan gerakan lambat yang berfokus pada menahan pose untuk waktu yang cukup lama. Artinya, jenis yoga ini melibatkan peregangan aktif untuk jaringan ikat bagian dalam.

Iyengar yoga

Jenis yoga ini bersifat metodis dengan penekanan kuat pada postur tubuh yang benar. Iyengar yoga membutuhkan alat peraga seperti guling, balok dan papan miring. Para lansia dengan artritis atau kondisi lainnya yoga ini jenis latihan paling baik.

Restorative yoga

Jenis yoga ini dirancang untuk melepaskan ketegangan pasif. Itu berarti gerakan yoga ini dilakukan tanpa peregangan dan jenis latihan fisik paling baik untuk para lansia.

Melihat banyaknya manfaat yoga bagi para lansia, Parenty sebagai popok dewasa yang berteknologi tinggi akan senantiasa mendukung orang tua tetap aktif bergerak baik pada siang maupun malam hari. Serta mengutamakan kelembutan pada setiap sentuhan produk dan kenyamanan.

Parenty, Popok dewasa yang mengutamakan kelembutan dan kenyamanan

Popok dewasa ditujukan bagi penderita inkontinensia usia muda hingga lansia baik yang masih aktif ataupun berbaring karena kondisi medis tertentu. Sama seperti menggunakan popok pada bayi, orang dewasa dan lansia juga berhak mendapatkan kelembutan dan kenyamanan saat menggunakan popok dewasa.

Sejalan dengan tagline Softness of Love, Parenty berkomitmen memberikan kenyamanan sepanjang hari dengan produk berkualitas tinggi. Parenty diciptakan sesuai kebutuhan para pengguna dengan fitur-fitur yang mampu mengurangi risiko iritasi pada kulit, perlindungan dari kebocaran 360 derajat dan daya tampung yang besar. Sentuhan kelembutan cinta untuk para orang tua ya Parenty solusinya. (Aq/MKK)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03