Orang Tua Nyaman Beraktivitas Dengan Parenty

Orang Tua Nyaman Beraktivitas Dengan Parenty

written by : PARENTY - 24 Jan 2024

Viewed : 3   Read duration :

Semakin tua, banyak lansia yang memilih untuk mengurangi aktivitas fisik dengan alasan stamina yang mulai menurun. Padahal untuk menjaga kebugaran, para lansia disarankan untuk tetap melakukan aktivitas fisik yang rendah risiko. Selain itu, aktivitas fisik untuk lansia memberikan manfaat baik bagi kesehatan.

Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Lansia

Memasuki usia senja bukan berarti orang tua tidak perlu lagi untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Justru lansia tetap perlu banyak bergerak untuk meningkatkan kualitas hidup yang mencakup aspek fisik, mental, dan sosial.. Berikut manfaat aktivitas fisik untuk lansia:

  1. Mempertahankan kesehatan jantung, pembuluh darah dan sirkulasi darah.
  2. Membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan kesehatan sistem pernapasan.
  3. Membantu mencegah kehilangan massa tulang dan meningkatkan kekuatan tulang.
  4. Menjaga keseimbangan sehingga membantu mencegah jatuh.
  5. Meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi stress.
  6. Menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko obesitas.
  7. Membantu menjaga mobilitas, fleksibilitas dan memudahkan kegiatan sehari-hari.
  8. Meningkatkan kualitas tidur yang penting untuk pemulihan dan regenerasi tubuh.

Aktivitas Fisik Untuk Lansia

Aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan lansia. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda, jadi sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum memulai atau mengubah program aktivitas fisik. Berikut adalah beberapa aktivitas fisik yang umumnya direkomendasikan untuk lansia:

Berjalan Kaki

Berjalan adalah latihan aerobik ringan yang baik untuk jantung dan otot. Sesuaikan tempo dan jarak berjalan dengan tingkat kesehatan dan kebugaran masing-masing.

Senam Ringan atau Yoga

Senam dan yoga membantu meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan koordinasi. Latihan kekuatan tubuh bagian bawah dan atas dapat diterapkan.

Renang atau Aerobik Air

Aktivitas di air memberikan dukungan bagi tubuh dan meredakan tekanan pada sendi. Renang atau aerobik air membantu meningkatkan daya tahan kardiorespiratori.

Bersepeda

Bersepeda dapat menjadi pilihan yang ramah sendi dan baik untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Gunakan sepeda statis atau trisep untuk keamanan dan stabilitas.

Latihan Kekuatan (Resistance Training)

Latihan dengan beban ringan atau menggunakan alat kekuatan membantu menjaga massa otot dan kekuatan tulang. Fokus pada latihan untuk otot-otot utama seperti paha, panggul, bahu, dan lengan.

Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan membantu mencegah jatuh. Latihan ini dapat melibatkan berdiri dengan satu kaki, mengangkat kaki ke samping, atau menggunakan alat keseimbangan.

Latihan Fleksibilitas

Gerakan stretching membantu mempertahankan fleksibilitas dan rentang gerak. Cobalah yoga atau latihan peregangan sederhana.

Selalu penting untuk memulai dengan intensitas rendah dan secara bertahap meningkatkannya. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum memulai program latihan baru, terutama jika ada kondisi kesehatan tertentu yang perlu diperhatikan.

Lansia Nyaman Beraktivitas dengan Parenty

Penting untuk memahami bahwa memilih popok dewasa yang tepat adalah salah satu aspek penting dalam memberikan kenyamanan kepada orang tua yang memerlukan perawatan khusus. Parenty, atau produk sejenis popok dewasa, dapat membantu menjaga kebersihan, kesehatan, dan kenyamanan orang tua yang mungkin mengalami inkontinensia atau kesulitan mobilitas hingga yang masih aktif beraktivitas.

Parenty terdiri dari popok dewasa perekat (900 ml) dan popok dewasa celana (600 ml). Bagi lansia yang masih aktif bergerak direkomendasikan menggunakan popok celana yang lebih fit di tubuh. Keduanya memiliki permukaan luxurious soft yang lembut dan permukaan 3D berfungsi mengurangi gesekan dan kontak dengan kulit. Fitur ini membantu mengurangi risiko iritasi akibat gesekan saat berkegiatan sehari-hari.

Selain itu, Parenty dirancang dengan dua lapisan serap untuk mempercepat penyerapan cairan yang merata ke seluruh permukaan popok. Serta ditambah dengan anti bocor 3 dimensi dengan bahan inti samping di kedua sisi untuk mengurangi kebocoran samping.

Nah, itu dia manfaat dan beberapa rekomendasi aktivitas fisik untuk lansia. Agar orang tua lebih nyaman dalam berkegiatan, pastikan menggunakan pakaian dan popok dewasa yang tepat. Parenty membantu para lansia mendapatkan kenyamanan yang maksimal. (Aq/PRT)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03