Orang Tua Tidur Nyaman Semalaman Pakai Parenty

Temukan penyebab dan cara mengatasi susah tidur pada lansia. Baca selengkapnya disini.

written by : PARENTY - 11 Jan 2024

Viewed : 6   Read duration :

Seiring bertambahnya usia, seseorang bisa mengalami perubahan pola tidur dan membuat orang tua susah tidur malam. Tidak dapat dipungkiri juga energi dan kesehatan semakin menurun saat memasuki usia senja. Itulah kenapa, istirahat dan tidur yang berkualitas sangat mempengaruhi ketahanan fisik dan emosional orang tua. 

Lalu, bagaimana orang tua bisa tidur nyaman semalaman? Yuk, simak penyebab orang tua susah tidur dan cara mengatasi keluhan susah tidur pada orang tua. 

Penyebab Orang Tua Susah Tidur

Orang tua susah tidur malam bisa disebabkan oleh berbagai alasan dan faktor-faktor ini dapat berbeda dari satu individu ke individu lainnya. Salah satunya adalah penurunan  fungsi otak yang sebenarnya bertugas untuk mengirim sinyal rasa lelah dan mengantuk pada tubuh. 

selain itu, ada beberapa pemicu insomnia pada orang tau. Berikut ini penyebab lain orang tua susah tidur yang wajib diketahui:

Masalah kesehatan

Adanya masalah kesehatan yang dirasakan oleh orang tua bisa membuat sulit tidur tepat waktu. Kondisi kesehatan ini meliputi gangguan pernapasan seperti sleep apnea, nyeri sendi, arthritis yang membuat tidur tidak nyaman.

Gangguan stress dan kecemasan

Tanggung jawab terhadap keluarga atau pekerjaan membuat seseorang dilanda rasa khawatir. Sehingga tingkat stress dan kecemasan yang tinggi dapat mengganggu tidur orang tua.

Perubahan hormon

Perubahan hormonal adalah kondisi yang lebih rentan dialami oleh orang yang sudah lanjut usia (lansia). Perubahan hormon menjadi salah satu penyebab berubahnya jam tidur seseorang.

Lingkungan tidak nyaman

Suara bising di lingkungan, perubahan suhu yang tiba-tiba atau cahaya berlebihan di malam hari dapat menghambat kualitas tidur. Jadi, usahakan orang tua Anda tidur dengan kondisi ruang tidur yang minim cahaya, tidak ada benda elektronik menyala dan nyaman.

Efek obat-obatan

Kesehatan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Mengonsumsi obat-obatan untuk menunjang kesehatan adalah cara yang tepat. Namun, terkadang obat-obatan yang dikonsumsi tersebut bisa memberikan efek samping seperti gangguan tidur.

Cara Agar Orang Tua Bisa Tidur Nyenyak

Menurut sebuah penelitian dalam Jurnal Neuron dikatakan bahwa durasi tidur seseorang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Tidak heran jika gangguan tidur seperti insomnia menjadi proses penuaan yang normal terjadi pada lansia.

Meski gangguan tidur pada orang tua adalah hal yang wajar terjadi, namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada terhadap kondisi ini. Insomnia yang berkepanjangan bisa memperburuk kondisi kesehatan orang tua. Nah, lebih baik Anda melakukan beberapa tips atau cara untuk mengatasi insomnia agar orang tua bisa tidur nyenyak semalaman:

Mengatur jam tidur yang rutin 

Walaupun susah tidur, usahakan mengatur jam tidur yang rutin dengan konsisten di jam yang sudah ditentukan. Hal ini seperti melatih tubuh untuk terbiasa menyesuaikan tidur di jam yang tepat sehingga membantu mengatasi masalah tidur pada lansia.

Gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat dapat meningkatkan kualitas tidur orang tua. Mulailah dengan membiasakan mengonsumsi makanan sehat, berhenti merokok dan jangan mengonsumsi alkohol.

Hindari makan terlalu malam

Biasakan untuk memberikan jarak waktu antara makan malam dan tidur. Jeda waktu ini membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan baik dan tidak menghambat kantuk. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung soda dan kafein.

Jauhkan perangkat elektronik

Cahaya televisi dan handphone ternyata bisa mengganggu jam tidur seseorang. Hindari menonton TV hingga larut malam agar lebih mudah terlelap. Anda juga bisa menggunakan lampu tidur dengan cahaya yang redup dan minim.

Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Agar tidur lebih nyenyak dan nyaman, pastikan kamar tidur dalam keadaan bersih dan rapi. Karena tanpa disadari menciptakan suasana kamar yang nyaman dapat menunjang tidur yang nyenyak.

Gunakan pakaian yang nyaman

Pastikan orang tua menggunakan pakaian yang bersih dan nyaman, jangan terlalu tebal maupun tipis. Selain itu, bagi orang tua yang menggunakan popok dewasa diganti sebelum tidur. Agar popok tidak terlalu lembab dan dapat menampung cairan lebih banyak sepanjang malam.

Orang Tua Tidur Nyenyak Sepanjang Malam dengan Parenty

Orang tua yang mengalami masalah kesehatan seperti inkontinensia urine mungkin memiliki kekhawatiran akan popok bocor atau lembab yang membuat tidur tidak nyaman. Masalah popok bocor, perasaan kesal jika harus mengganti sprei Kasur setiap pagi bisa menjadi beban pikiran yang akhirnya membuat tidur kurang nyenyak.

Parenty merupakan popok dewasa yang memiliki dua tipe yakni popok perekat dan popok dewasa. Popok Parenty memberikan kenyamanan dan membantu menjaga kebersihan setiap individu dengan kondisi tertentu. Selain itu, popok Parenty menghadirkan popok dewasa dengan perlindungan maksimal tanpa mengorbankan kenyamanan.

Inilah kelebihan popok Parenty yang dilengkapi dengan fitur canggih seperti:

  1.  Menggunakan bahan inti penyerap pulp dan SAP dengan fleksibilitas yang kuat.
  2. Permukaan popok lembut yang ramah di kulit sensitif.
  3. Permukaan 3D untuk mengurangi gesekan dan risiko iritasi kulit.
  4. Memiliki penyerapan yang cepat dan maksimal.
  5. Daya tampung yang besar, popok perekat 900 ml dan popok celana 600 ml.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai orang tua susah tidur malam beserta penyebab dan cara mengatasinya. Popok dewasa Parenty membantu menunjang kenyamanan para lansia agar bisa tidur nyenyak dan nyaman semalaman. (Aq/PRT)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03