Sayang Orang Tua, Begini Cara Merawat Kulit Lansia Bersama Parenty

Sayang Orang Tua, Begini Cara Merawat Kulit Lansia Bersama Parenty

written by : PARENTY - 22 Jan 2024

Viewed : 9   Read duration :

Perubahan fisik yang paling terlihat pada orang tua dan lansia adalah perubahan elastisitas kulit. Penting menjaga kesehatan kulit pada lansia agar terhindari dari berbagai penyakit kulit orang tua. Untuk itu, Anda wajib mengetahui cara merawat kulit lansia yang tepat.

Kulit merupakan organ paling luar yang dinamis dan bisa mengindikasikan kesehatan. Bahkan perubahan kulit lansia  disebabkan oleh beberapa faktor penuaan kulit akibat menurunnya struktur dan fungsi kulit. Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit pada lansia mengalami penurunan lemak kulit, mudah dehidrasi dan keringat yang berkurang. Terkadang inilah kenapa kulit orang tua kering dan mengalami penuaan.

Ciri-Ciri Perubahan Kulit Lansia

Kulit lansia cenderung mengalami perubahan yang alami seiring dengan proses penuaan. Beberapa ciri-ciri perubahan kulit pada lansia meliputi:

  • Kerutan atau keriput (garis halus)
  • Elastisitas kulit berkurang
  • Kulit kering
  • Kulit kasar
  • Warna kulit tidak merata
  • Bintik-bintik penuaan

Bila tidak mendapatkan perawatan yang baik, kulit lansia bisa terkena masalah kulit seperti keratosis seboroik, kanker kulit, hingga flek hitam.

Cara Merawat Kulit Lansia

Merawat kulit lansia memerlukan perhatian khusus karena kulit mereka cenderung lebih tipis, kering, dan rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari dan faktor lainnya. Berikut adalah beberapa tips perawatan kulit untuk lansia:

Pembersihan Kulit

Gunakan pembersih ringan yang tidak mengandung alkohol, untuk menghindari pengeringan kulit. Hindari mencuci wajah terlalu sering, karena hal ini dapat mengurangi kelembaban alami kulit.

Pelembab

Gunakan pelembab khusus untuk kulit kering setidaknya dua kali sehari. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau gliserin untuk menjaga kelembaban kulit.

Perlindungan Matahari

Lindungi kulit dari sinar UV dengan menggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah, terutama pada area wajah, leher, dan tangan. Pilih tabir surya dengan SPF tinggi dan yang sesuai dengan jenis kulit.

Konsumsi Air yang Cukup

Pastikan lansia mendapatkan cukup cairan dengan minum air setidaknya delapan gelas sehari untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam.

Gaya Hidup Sehat

Makanlah makanan yang kaya akan nutrisi, terutama vitamin A, C, dan E yang baik untuk kesehatan kulit. Hindari merokok dan batasi konsumsi alkohol, karena kedua hal tersebut dapat merusak kulit.

Latihan Fisik

Melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mendukung kesehatan kulit. Hal ini tentu membantu sel-sel kulit dalam beregenerasi sehingga proses pergantian sel kulit mati menjadi sel kulit baru yang lebih sehat bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, hindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung atau di ruangan ber-AC yang terlalu dingin. Perhatikan juga jika ada perubahan pada kulit seperti bintik-bintik, lecet, atau kemerahan. Jika ada gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter.

Anda disarankan untuk menggunakan krim atau salep yang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti eksim atau psoriasis. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kulit rutin oleh dokter, terutama jika ada perubahan atau masalah kulit yang mencurigakan.

Parenty, Popok Dewasa yang Lembut dan Ramah di Kulit Lansia

Parenty merupakan popok dewasa yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, baik orang dewasa hingga lansia. Popok dewasa Parenty memiliki permukaan yang begitu lembut yang disebut dengan luxurious soft. Permukaan lembut ini dapat menjaga kesehatan kulit dengan mengurangi gesekan yang menyebabkan iritasi kulit.

Selain itu, Parenty memiliki permukaan 3D yang dapat mempercepat penyerapan cairan, mengurangi kontak dengan kulit dan meningkatkan sirkulasi udara. Dengan begitu, permukaan popok menjadi lebih kering dan mampu menjaga kelembaban area kulit yang tertutup popok.

Serta dilengkapi juga dengan anti bocor 3 dimensi pada samping kedua sisi sehingga efektif mencegah kebocoran samping dan belakang popok. Membuat pengguna rileks dan tidak lagi khawatir bocor saat beraktivitas. Popok dewasa Parenty terdiri dari dua tipe yaitu tipe popok perekat (900 ml) dan popok celana (600ml) dengan ukuran M, L. dan XL. Kini, Parenty bisa dibeli secara offline dan online ya. 

Nah, itu dia cara merawat kulit lansia yang tepat untuk membantu mencegah penyakit kulit. Lansia membutuhkan perawatan kulit yang lebih intensif dan memperhatikan kebersihan serta kelembaban kulit.

Perubahan-perubahan ini bersifat alami dan dapat bervariasi antar individu. Penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, serta berkonsultasi dengan dokter atau ahli perawatan kulit jika ada perubahan yang mencurigakan atau memerlukan perhatian medis khusus. (Aq/PRT)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03