Cara Memilih Popok Dewasa yang Sesuai Agar Nyaman

Cara Memilih Popok Dewasa yang Sesuai Agar Nyaman

written by : PARENTY - 13 Sep 2023

Viewed : 9   Read duration :

Memilih popok dewasa yang sesuai ternyata sama sulitnya seperti memilih popok bayi. Popok dewasa biasanya digunakan untuk orang dewasa hingga lansia yang mengalami kondisi kesehatan tertentu. Misalnya penderita inkontinensia usia muda atau lansia yang terbaring di tempat tidur. Berikut ini tips untuk memilih popok dewasa yang tepat.

Fungsi Popok Dewasa

Fungsi popok dewasa tidak kalah penting perannya seperti popok bayi. Popok dewasa untuk menampung urine atau feses pada orang dewasa yang kesulitan mengontrol buang air kencing atau buang air besar. Orang dewasa dengan kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari termasuk saat tidur.

Selain kondisi medis tertentu, orang yang memiliki mobilitas tinggi seperti dalam perjalanan jauh hingga tenaga medis yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) juga cenderung memerlukan popok dewasa. Inilah kenapa popok dewasa sangat penting bagi orang dewasa yang membutuhkannya.

Deretan Penyakit yang Membutuhkan Popok Dewasa

Popok dewasa sangat dibutuhkan oleh beberapa penderita gangguan kemih dan buang air besar. Berikut ini deretan jenis gangguan kemih dan buang air besar yang dialami oleh orang dewasa:

Inkontinensia urine

Penyakit inkontinensia urine merupakan kondisi hilangnya kontrol pada proses berkemih. Inkontinensia sendiri biasanya terjadi karena faktor usia, dimana seseorang yang bertambah usia memiliki otot-otot dan saraf sekitar kandung kemih yang mengalami penurunan kekuatan.

Pembesaran prostat

Pembesaran prostat atau benign prostatic hyperplasia (BPH) terjadi pada pria berusia lanjut. Gejala pembesaran prostat ditandai dengan sering buang air kecil tanpa sadar karena adanya kesulitan mengontrol urine yang keluar.

Pasca stroke

Umumnya, orang yang pernah mengalami stroke dapat mengalami gangguan kemih dan buang air besar. Hal ini karena adanya pelemahan yang terjadi pada otot yang mengendalikan kandung kemih dan feses. Serta adanya gangguan pada bagian saraf yang mengatur pesan dari otak.

Cara memilih popok dewasa yang sesuai

Memastikan kenyamanan saat menggunakan popok harus benar-benar diperhatikan. Pilihlah popok yang nyaman digunakan untuk kondisi dan aktivitas pengguna sehari-hari. Supaya Anda tidak bingung dalam menentukan popok dewasa yang tepat dan sesuai, Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

Bahan popok yang lembut

Pilihlah popok yang berbahan lembut dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak panas saat digunakan. Popok yang lembut juga dapat mengurangi gesekan antara kulit dan popok sehingga mencegah iritasi pada kulit.

Daya serap popok yang baik

Popok dewasa yang memiliki kualitas tinggi tentu didukung oleh daya serap yang baik. Daya serap yang tinggi pada popok dewasa penting untuk memastikan cairan urine tertampung dengan baik dan tidak bocor.

Popok dengan teknologi cepat kering

Permukaan popok yang cepat kering dapat mengurangi kelembaban kulit pemicu terjadinya iritasi kulit. Jadi, pilihlah popok yang dilengkapi dengan teknologi cepat kering pada permukaan popoknya.sehingga popok nyaman dan aman digunakan setiap hari terutama untuk kulit sensitif.

Ukuran popok yang sesuai

Sangat disarankan untuk memilih ukuran popok yang sesuai agar berfungsi secara maksimal. Popok yang ukurannya terlalu kecil atau besar bisa menyebabkan kebocoran. Cara memilih ukuran popok yang tepat adalah berdasarkan berat badan, jika diperlukan ukurlah lingkar pinggang agar ukuran lebih pas.

Rekomendasi Popok Dewasa yang Berikan Kelembutan Pada Setiap Sentuhan

Memberikan perawatan terbaik menjadi salah satu cara untuk mendukung kesehatan. Perawatan terbaik dilakukan dengan memberikan apa yang sesuai kebutuhan itu sendiri. Bukan hanya soal layanan seperti teratur dalam mengganti popok, menjaga kebersihan kulit dan memantau kondisi kulit. Tetapi juga memberikan kelembutan pada setiap sentuhan dengan popok berkualitas tinggi.

Salah satu popok dewasa yang direkomendasikan adalah Parenty. Parenty mengusung slogan Softness of Love dengan kelembutan sebagai bentuk standarisasi perawatan terbaik. Berikut ini kelebihan popok dewasa Parenty:

Luxurious Soft

Popok dewasa Parenty memiliki permukaan lembut ‘Luxurious Soft’ yang memberikan kenyamanan maksimal bagi orang-orang yang Anda sayangi. Permukaan popok yang lembut ini dapat mengurangi gesekan dengan kulit, menjaga sirkulasi udara tetap baik dan penyerapan popok yang maksimal.

Permukaan 3D

Daya serap adalah poin penting untuk sebuah popok. Parenty dilengkapi dengan permukaan 3D yang dapat mempercepat penyerapan cairan. Permukaan popok 3D ini juga dapat meminimalisir luka iritasi akibat gesekan popok.

Dua lapisan serap

Dua lapisan serap ini dapat membuat permukaan popok kering lebih lama dan mampu mengunci cairan dengan baik. Sehingga dapat mengurangi kelembaban akibat cairan urine atau hawa panas saat menggunakan popok.

Daya tampung besar

Parenty memiliki dua tipe popok yakni perekat dan celana. Daya tampung tipe popok perekat adalah 900 ml dan tipe popok celana adala 600 ml.

Anti bocor 3D

Parenty dirancang dengan bentuk seperti perahu yang efektif mengurangi kebocoran pada bagian belakang dengan fitur scallop end. Serta dilengkapi dengan bahan inti samping di kedua sisi.

Indikator urine

Terdapat indikator urine pada tipe popok perekat. Indikator urine ini berupa garis biru yang akan menghilang jika terkena cairan. Sehingga selama masa perawatan, Anda sangat dipermudah dengan fitur ini yang berfungsi sebagai pengingat untuk mengganti popok setelah penuh.

Kesimpulan

Memilih popok dewasa yang sesuai dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal. Pentingnya memilih popok dewasa sesuai ukuran dapat memberikan perawatan yang maksimal. Parenty menjadi salah satu popok dewasa yang direkomendasikan karena dilengkapi dengan teknologi dan fitur yang canggih. (Aq/MKK)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03