Pasca Melahirkan, Bisakah Pakai Popok Dewasa Saat Nifas?

Ketahui apakah ibu melahirkan bisa menggunakan popok dewasa selama masa nifas?

written by : PARENTY - 8 Jan 2024

Viewed : 100   Read duration :

Melahirkan adalah momen penting untuk seorang wanita. Perjuangan seorang wanita tidak hanya berhenti disitu, setelah melahirkan wanita mengalami pendarahan pasca melahirkan atau disebut dengan lokia. Bahkan tidak sedikit pula yang mengalami inkontinensia urin atau kebocoran urin. Inilah kenapa mereka membutuhkan popok dewasa untuk nifas.

Pentingnya perawatan tepat selama nifas

Masa nifas adalah masa pemulihan seluruh organ reproduksi wanita pasca melahirkan untuk pulih kembali sebelum kehamilan berikutnya. Masa nifas akan berlangsung sekitar 6-8 minggu pasca persalinan. Penting bagi ibu memperhatikan kesehatan dan kebersihan selama masa nifas. Perlu diketahui, penyebab kematian ibu pasca melahirkan paling banyak adalah perdarahan yang terjadi selama masa nifas.

Masa nifas sendiri terbagi menjadi 3 fase yang saling berkaitan yakni periode akut, periode pasca persalinan subakut dan masa nifas tertunda. Berikut masing-masing penjelasannya:

1. Periode akut

Setelah proses bersalin selesai, ibu harus berhati-hati selama beberapa jam pertama pasca melahirkan. Sebab, 6-12 jam pertama pasca persalinan merupakan waktu yang rentan menimbulkan komplikasi seperti pendarahan post partum, inversio uteri, emboli ketuban dan eclampsia.

2. Periode pasca persalinan subakut

Masa ini berlangsung antara 2-6 minggu setelah melahirkan dan ibu akan merasakan banyak perubahan, mulai dari perubahan tubuh hingga emosional. Selain itu, mungkin ibu akan merasakan ketidaknyamanan di bagian vagina dan anus hingga depresi pasca persalinan.

3. Masa nifas tertunda

Memakan waktu yang lebih panjang dari biasanya, pada fase ini ibu pasca melahirkan akan mengalami fase nifas selama 6 bulan. Setelah melewati masa tersebut, tubuh ibu akan kembali pulih dan normal seperti semula sebelum hamil.

Popok dewasa atau pembalut bersalin?

Sebenarnya baik popok dewasa untuk nifas atau pembalut bersalin keduanya bisa digunakan oleh wanita pasca melahirkan. Pembalut bersalin memang ditujukan untuk menampung darah nifas setelah persalinan. Namun, popok dewasa juga bisa digunakan sebagai alternatif lain jika Anda mencari penampung yang lebih besar dan nyaman.

Popok dewasa bukan hanya diperuntukkan untuk orang dewasa atau lansia yang mengalami masalah inkontinensia atau medis lainnya, tetapi juga untuk ibu sehabis melahirkan. Popok dewasa ini mampu membantu menampung darah nifas yang sedang banyak-banyaknya. Apalagi pengalaman ibu setelah melahirkan adalah timbulnya rasa takut untuk buang air kecil dan buang air besar pasca bersalin. Sehingga dengan popok dewasa, ibu dalam masa nifas dapat merasakan beberapa manfaat baik sekaligus.

Parenty Berikan Kenyamanan Selama Nifas

Adanya kebocoran urin dan pendarahan, ibu pasca melahirkan harus menggunakan penampung seperti pembalut atau popok dewasa. Ada sebagian ibu yang memilih menggunakan popok dewasa karena daya tampungnya lebih besar serta tipe popok yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Beberapa jam setelah melahirkan, baik pada ibu yang melahirkan secara normal maupun operasi Caesar, ibu tentu kesulitan dalam bergerak. Selama masa pemulihan ini, popok perekat untuk ibu melahirkan adalah pilihan yang cocok. Ukurannya yang besar dan bagian perekat yang bisa disesuaikan dengan cakupan penuh ini mampu menghilangkan kekhawatiran akan pembalut yang mudah bergeser dan bocor.

Sedangkan setelah mulai bisa bergerak tanpa bantuan, popok celana untuk ibu melahirkan lebih mudah digunakan dan praktis. Karena bentuknya yang menyerupai celana dalam memudahkan ibu untuk memakai pakaian dalam sekali pakai. Mengingat derasnya jumlah darah selama masa nifas, Anda sangat disarankan untuk mengganti popok dewasa selama 2-3 jam sekali atau lebih sering jika diperlukan.

Produk Parenty salah satu penunjang kenyamanan wanita pasca melahirkan. Parenty memiliki dua tipe popok dewasa yakni perekat dengan daya tampung 900 ml dan popok celana dengan daya tampung 600 ml mulai dari ukuran M, L dan XL. Popok dewasa Parenty ini memiliki fitur unggulan diantaranya:

  1. Permukaan popok yang lembut dan ramah di kulit sensitif.
  2. Menggunakan bahan inti pulp dan SAP untuk penyerapan yang maksimal.
  3. Permukaan 3D untuk mengurangi kontak dengan kulit dan mempercepat penyerapan.
  4. Memiliki lapisan bawah berongga udara serta bersirkulasi udara untuk mengurangi kelembaban dan mengurangi risiko iritasi kulit.
  5. Terdapat inti samping ganda untuk mengurangi bocor samping.

Kesimpulan

Nah, itu dia solusi nyaman pasca melahirkan nyaman dengan popok dewasa untuk nifas. Baik popok celana ataupun popok perekat untuk ibu melahirkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, popok dewasa ini memudahkan ibu pasca melahirkan mendapatkan perlindungan dari kebocoran dengan maksimal. (Aq/PRT)

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
Infeksi Saluran Kemih (ISK): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sakit saat pipis? Jangan diabaikan! Ini dia penjelasan lengkap tentang ISK, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

2024-09-06 17:18:09
5 Cara Mengatasi Ngompol pada Orang Dewasa

Masih sering ngompol meski sudah dewasa? Jangan khawatir! Simak 5 cara efektif mengatasi enuresis pada orang dewasa.

2024-09-06 17:04:03